Monday, October 29, 2018

TEKNOLOGI KOMUNIKASI

TEKNOLOGI KOMUNIKASI DATA

1. Pengertian Komunikasi Data
    Komunikasi data adalah sebuah proses pengiriman dan penerimaan data atau informasi dari dua atau lebih device (contoh device seperti : komputer atau laptop atau printer dan alat komunikasi lainnya). 

Komunikasi berasal dari bahasa inggris “Communication“, secara emitologi berasal dari bahasa latin yaitu “Communis”  yang memiliki arti yaitu “berbagi” atau “menjadi milik bersama” komunikasi berarti suatu proses pembangunan saling pengertian dan menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung satu sama lain. Data berasal dari kata “datum” yang berarti materi atau kumpulan fakta yang di pakai untuk keperluan suatu analisa. 

Komunikasi adalah pertukaran data antara dua perangkat melalui media transmisi tertentu, contohnya kabel. Untuk data yang menggunakan komputer pengiriman data menggunakan sistem transmisi elektronik biasanya disebut dengan istilah komunikasi data. Data adalah informasi yang disajikan oleh isyarat angkat biner yaitu 0 dan 1.


2. Tujuan Komunikasi Data
1. Memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besar efesien, tanpa kesalahan dan ekonomis dari suatu tempat ketempat yang lain.
2. Memungkinkan penggunaan sistem komputer dan peralatan pendukung dari jarak jauh (remotecomputer use).
3. Memungkinkan penggunaan komputer secara terpusat maupun secara tersebar sehinggamendukung manajemen dalam hal kontrol, baik desentralisasi maupun sentralisasi.
4. Mempermudah kemungkinan pengelolaan dan pengaturan data yang ada dalam berbagaimacam sistem komputer.
5. Mengurangi waktu untuk pengolahan data.
6. Mendapatkan data langsung dari sumbernya (mempertinggi keahlian)
7. Mempercepat penyebarluasan informasi.

3. Jenis - Jenis Komunikasi Data 

a)      Telegraf adalah sistem telekomunikasi yang menggunakan peralatan listik untuk mengirimkan dan menerima sinyal sesuai dengan kode dalam bentuk pulsa listrik dengan mengunakan kabel-kabel tembaga dari jarak jauh.

b)     Faksimile berasal dari kata facsimile yang artinya menyalin sama persis dengan aslinya, Mesin faks merupakan peralatan telekomunikiasi yang digunakan untuk mengirimkan tulisan dan gambar melalui kabel telepon, Mesin faks menyalin dokumen yang ingin dikirimkan, kemudian mengirimkan dokumen tersebut ke nomor faks yang ingin dituju.

c)      Pager sebenarnya hanya untuk memanggil saja atau memberikan instruksi satu arah saja atau tidak interaktif. Infromasi yang akan disampaikan direkam oleh operator dan ditransformasikan dalam bentuk tulisan kemudian disampaikan ke mesin pager.

d)     Jaringan Komputer (Email, Website, Media Sosial, dll) Komunikasi ini menggunakan media internet dalam berkomunikasi.


4. Cara Menjaga Data Dalam Sistem komunikasi Data

  1. Memastikan Alamat IP yang Dituju dengan Benar
Cara pertama ini adalah memastikan alamat IP (Internet Protocol Address) yang dituju dengan benar. Jika seseorang ingin mengirim data ke komputer lain biasanya dianjurkan untuk mengecek kembali IP Address yang dituju dengan benar. Selain berfungsi untuk melindungi data, memastikan IP Address sebelum mengirim data juga berfungsi untuk merahasiakan data seseorang agar tidak tersebar.
  1. Meletakkan Kabel-Kabel di Tempat yang Aman
Komputer yang merupakan teknologi untuk menyimpan data ini terdiri atas kabel-kabel yang berguna untuk aliran listrik dan mentransfer data. Cara untuk menjaga data tetap aman adalah meletakkan kabel-kabel tersebut di tempat yang aman seperti menghindari kabel-kabel dari hewan-hewan pengerat, menjaga kabel-kabel dari paparan suhu yang panas, dan menghindari dari tumpahan air.

  1. Mengupdate Antivirus dalam Komputer
Cara mejaga data agar tetap aman adalah mengupdate antivirus di dalam komputer secara berkala. Antivirus harus sering diupdate karena virus-virus pun selalu update ketika memasuki server komputer. Selain itu, data masuk harus di-scan berkala dengan antivirus untuk mencegah terjadinya data hilang.
  1. Mem-backup Arsip atau Data
Cara lain adalah mem-backup arsip atau data agar tidak hilang. Seorang yang kehilangan data cenderung mengabaikan backup data atau menggandakan datanya ke dalam penyimpanan lain. Misalnya, menyimpan data di hardisk komputer, hardisk eksternal, flashdisk, dan tempat penyimpanan lainnya.
  1. Memastikan Media Transmisi Tidak Rusak
Transmisi adalah proses transfer informasi di dalam komputer dari satu media ke media lain melalui suatu jaringan. Cara mengamankan data di komputer, yaitu memastikan media transmisi tidak rusak, sehingga proses transfer data tidak terhambat.

  1. Penyimpanan Data atau Arsip di Tempat yang Aman
Cara menjaga data dalam komunikasi data berikutnya adalah menyimpan data atau arsip di tempat yang aman. Data disimpan di tempat penyimpanan yang tidak bercampur dengan data-data yang lain. Misalnya, data seperti dokumen disimpan di suatu tempat penyimpanan khusus dokumen, sehingga data dikategorikan agar tidak tercampur dengan data yang rentan terkena virus seperti data game.

  1. Selalu Mematikan Komputer dengan Benar
Terkadang data di dalam komputer hilang karena media yang digunakan tiba-tiba mati atau menggunakan cara yang salah dalam mematikan komputer. Cara mematikan komputer yang tidak sesuai dengan prosedur bisa menghilangkan data yang baru saja disimpan. Cara yang tepat untuk menjaga data agar tetap aman adalah mematikan komputer dengan menggunakan shutdown tanpa hard shutdown.
  1. Tidak Mengunduh Data Sembarangan
Hal yang sering dilakukan saat beraktivitas di depan komputer adalah mengunduh berbagai macam hiburan seperti musik, film, game, dan lain sebagainya di internet. Apabila seseorang sering mengunduh sebaiknya menggunakan komputer yang mengaplikasikan antivirus karena data-data yang diunduh biasanya terdapat virus-virus. Masuknya virus-virus tersebut ke dalam komputer bisa membuat data-data yang telah disimpan menghilang. Oleh karena itu, hindarilah mengunduh data-data yang tidak penting jika tidak memiliki antivirus.

TEKNOLOGI KOMUNIKASI SUARA

1. Pengertian Komunikasi Suara 
Komunikasi Suara merupakan jenis komunikasi yang paling umum digunakan berupa informasi yang disampaikan melalui perantara suara untuk didengarkan. 

2.Jenis Komunikasi  Suara

 1.Komunikasi siaran radio / radio broadcasting Informasi dipancarkan ke segala arah dan siapapun diperbolehkan menerima informasi tersebut. Dan informasi yang dikirimkan bersifat umum. Contoh : Radio RRI

2.Komunikasi radio amatir Informasi dipancarkan kesegala arah tetapi jumlah pengirim dan penerima informasi terbatas pada mereka yang mempunyai izin beroperasi. Informasi bersifat pribadi. Contoh : ORARI

3.Komunikasi radio 2 arah Informasi terbatas pada pengirim dan penerima yang beroperasi dengan saluran / frequensi / gelombang yang sama dan jarak jangkauannya terbatas sehingga sifat pribadinya dapat terjaga. Contoh : Handy-talky

4.Komunikasi radio antar penduduk / citizen band Hubungan komunikasi bersifat pribadi, jangkauannya terbatas dan kerahasiaan tidak terjamin karena semua pesawat penerima sistem
komunikasi dapat menerima informasi yang disampaikan. Contoh : RAPI, Intercom

5.Komunikasi radio panggil / paging system Digunakan untuk memanggil penerima yang merupakan pelanggan dari pengirim, jarak jangkauannya terbatas. Contoh : Pager f. Komunikasi telpon Bersifat pribadi murni / niaga, jumlah informasi yang disampaikan tidak terbatas, kerahasian terjaga, jarak jangkauannya paling luas. Menggunakan manajemen pertukaran. Contoh : Telephone dial, Handphone.

3.Hambatan Dalam Melakukan Komunikasi Suara
  • Hambatan personal
Hambatan personal merupakan hambatan yang terjadi pada peserta komunikasi, baik komunikator maupun komunikan/komunikate. Hambatan personal dalam komunikasi meliputi sikap, emosi, stereotyping, prasangka, bias, dan lain-lain.
  • Hambatan kultural atau budaya
Komunikasi yang kita lakukan dengan orang yang memiliki kebudayaan dan latar belakang yang berbeda mengandung arti bahwa kita harus memahami perbedaan dalam hal nilai-nilai, kepercayaan, dan sikap yang dipegang oleh orang lain.
Hambatan kultural atau budaya mencakup bahasa, kepercayan dan keyakinan. Hambatan bahasa terjadi ketika orang yang berkomunikasi tidak menggunakan bahasa yang sama, atau tidak memiliki tingkat kemampuan berbahasa yang sama.
Hambatan juga dapat terjadi ketika kita menggunakan tingkat berbahasa yang tidak sesuai atau ketika kita menggunakan jargon atau bahasa “slang” atau “prokem” atau “alay” yang tidak dipahami oleh satu atau lebih orang yang diajak berkomunikasi.
Hal lain yang turut memberikan kontribusi terjadinya hambatan bahasa adalah situasi dimana percakapan terjadi dan bidang pengalaman ataupun kerangka referensi yang dimiliki oleh peserta komunikasi mengenai hal yang menjadi topik pembicaraan.

  • Hambatan fisik
Beberapa gangguan fisik dapat mempengaruhi efektivitas komunikasi. Hambatan fisik komunikasi mencakup panggilan telepon, jarak antar individu, dan radio. Hambatan fisik ini pada umumnya dapat diatasi.
  • Hambatan lingkungan
Tidak semua hambatan komunikasi disebabkan oleh manusia sebagai peserta komunikasi. Terdapat beberapa faktor lingkungan yang turut mempengaruhi proses komunikasi yang efektif. Pesan yang disampaikan oleh komunikator dapat mengalami rintangan yang dipicu oleh faktor lingkungan yaitu latar belakang fisik atau situasi dimana komunikasi terjadi. Hambatan lingkungan ini mencakup tingkat aktifitas, tingkat kenyamanan, gangguan, serta waktu.

4. Ciri - Ciri Komunikasi Suara 

1.    Hanya bisa ditangkap oleh indra pendengar
2.    Bersifat verbal (langsung) 
3.    Tidak adanya visualisasi 
4.    Adanya media penghantar suara 
5.    Dapat dilakukan hanya pada jarak tertentu 
6.    Dapat dimengerti 
7.    Memiliki frekuensi 
8.    Digunakan untuk menyampaikan informasi 9.   Informasi yang dikirim dapat diterima 
 
5. Syarat Komunikais Suara
 
1.    Pengirim (Tranceiver)
  Pihak yang mengirimkan informasi, misalnya pesawat telepon, telex, terminal, dan lain-lain. Tugasnya adalah membangkitkan berita atau informasi dan menempatkannya pada media transmisi.
 
2.    Media Transmisi
  Media yang digunakan untuk menyalurkan (mengirimkan) ketempat tujuan (penerima), misalnya saluran fisik (kabel), udara dan cahaya.
 
3.    Penerima (Receiver)
  Pihak yang menerima informasi, misalnya pesawat telepon, telex, terminal, dan lain-lain. Tugasnya adalah menerima berita atau informasi yang dikirimkan oleh pengirim berita.
 
 

No comments:

Post a Comment

TELEPHONE

TELEPON Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). ...